Selasa, 23 September 2008

BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris itu mudah
Suatu ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah Mall...dan karena tujuannya nongkrong maka saya membawa sebuah buku berbahasa Inggris. Cukup tebal kira-kira 300 halaman.
Ketika saya sedang duduk membacanya di salah satu tempat nongkrong, datang seorang teman dan berkata "Wahhhh hebat nih baca buku bahasa Inggris....ga pusing ngebacanya?"

Sejak saat itu saya merenung dan berpikir bahwa kita terlalu memandang tinggi bahasa ini...padahal bahasa hanyalah sebuah bunyi yang diberi arti. Jika saya mengetok meja tiga kali dan kita senua sepakat bahwa itu adalah waktu untuk makan, maka ketokan tiga kali di meja telah menjadi sebuah bahasa... ya kan?

Dan secara tidak sadar pula kita telah menjadi minder terhadap bahasa Inggris, padahal Bahasa inggris merupakan bahasa yang sudah lama ada dan bukan untuk golongan elit tertentu...kita semua bisa belajar dan menggunakannya tanpa harus malu dan takut, keberadaan bahasa ini menjadi penting karena kepiawaian Bangsa Inggris menduniakan bahasanya hingga saat ini. Satu-satunya jalan untuk tidak alergi terhadap bahasa ini adalah mengenal, mempelajari dan menguasainya.

Selamat belajar Bahasa Inggris.....Bahasa inggris itu mudah....!

Pelajaran 1
Ok selamat datang di pelajaran 1

Untuk pelajaran 1 ini kita akan belajar menggunakan 2 kalimat ini , baca dengan suara keras dan bayangkan anda sedang bepergian ke negara yang menggunakan bahasa Inggris, bayangkan betapa mudahnya ngomong dalam bahasa Inggris


Kalimat 1 : ENGLISH IS NOT DIFFICULT (bahasa inggris tidak sulit)

Kalimat 2 : ENGLISH IS EASY (bahasa inggris itu mudah)

Ucapkan 2 kalimat ini berulang-ulang sampai anda yakin bahwa memang tidak sulit untuk belajar bahasa Inggris. Setelah itu lanjutkan ke pelajaran 2

Pelajaran 2- GRAMMAR
Grammar atau tata bahasa. Dalam pengajaran bahasa Inggris selalu ada 2 pendapat:
Grammar tidak perlu. Hal ini ada benarnya karena kita sebagai pemakai bahasa Indonesia juga tidak mengerti grammar sampai kita paham hal itu dari sekolah. Begitu lahir kita langsung diajak bicara tanpa pernah tahu tentang grammar, toh kita bisa juga lancar bicara dalam bahasa Indonesia. Tapi cara seperti ini memerlukan lingkungan yang mendukung. Jika kita mau memakai cara ini adalah dengan secara langsung memasuki lingkungan yang berbahasa Inggris sepenuhnya dalam jangka waktu tertentu.
Grammar itu perlu. Hal ini didasarkan pandangan bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari adalah sebagai bahasa asing (bahasa ke dua). Oleh sebab itu kita perlu tahu dulu bagaimana menyusun kalimat menurut aturan yang ada dalam bahasa Inggris.
Kita bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut disesuaikan dengan lingkungan kita berada. Dalam blog ini saya akan beracuan dari pendapat ke dua. Dan di sini kita akan belajar lebih dahulu tentang teori grammar secara praktis.

Pelajaran 3- GRAMMAR-Sentence (kalimat)
Langkah pertama untuk belajar grammar adalah memahami bagaimana sebuah kalimat disusun.
Kalimat selalu disusun dalam pola :

SUBYEK-PREDIKAT-OBYEK-KETERANGAN

Seluruh pelajaran tata bahasa akan berkutat di 4 hal utama ini yaitu tentang
Subyek (orang atau sesuatu yang melakukan suatu pekerjaan)
Predikat (pekerjaan yang dilakukan oleh subyek terhadap suatu obyek)
Obyek (adalah sesuatu yang menjadi sasaran pekerjaan dari subyek)
Keterangan (menerangkan tentang waktu,tempat,bagaimana caranya,mengapa dsb)
Nah, sampai di sini coba pahami benar tentang pola dasar kalimat ini dengan sungguh-sungguh, masukkan kata Subyek-predikat-obyek dan keterangan dalam benak anda.

latihan : buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia dengan pola SPOK ini misal : SAYA-BELAJAR-BAHASA INGGRIS-SETIAP HARI

Renungkan dan pahami....ketika pengertian sudah muncul di benak dan hati anda, lanjutkan ke pelajaran berikutnya

Pelajaran-4 Sentence-Subject
Di pelajaran 4 ini kita akan memasuki pelajaran tentang SUBYEK/SUBJECT.

Kita ulang, Subject adalah ORANG (person) atau SESUATU (something) yang melakukan suatu kegiatan/pekerjaan.

Subyek orang(person) mempunyai namanya masing-masing , misal Ali, Budi , Susi, Shinta dsb. Sedangkan sesuatu (something) bisa berupa nama benda atau binatang. Misal kucing yang bernama si Manis, Anjing yang bernama Helly dsb.

Sampai di sini tolong dipahami sejenak.............

Nah dilanjut.....

Misal saya bernama Edi, saya akan mengatakan bahwa saya sedang melakukan sesuatu dalam suatu kalimat saya akan berkata: Edi membaca buku di ruang tamu.

Yang perlu kita pahami sekarang adalah bahwa tidak mungkin kita akan menyebutkan nama secara terus menerus dalam suatu pembicaraan, contoh

Anton : Hallo Edi bagaimana kabarmu?
Edi : Ohhh Edi baik-baik saja, bagaimana kabar Anton?
Anton : Anton baik-baik saja Edi mau ke mana?

Agak ribet bukan? Nah untuk mempermudah suatu pembicaraan, tata bahasa menyediakan suatu kata yang disebut dengan KATA GANTI Benda (pronoun)

Dalam bahasa Inggris PRONOUN (kata ganti) terdiri dari :

I (ai) = SAYA
YOU (yu) = Kamu
SHE (si) = Dia (perempuan)
HE (hi) = Dia (laki-laki)
They (dei) = mereka
WE (wi) = kami
IT (it) = ini/itu untuk menggantikan benda yang bukan orang.

Nah..bisa kita kihat bagaimana jadinya jika tidak ada 7 kata ganti ini dalam pembicaraan, kita harus terus menerus menyebutkan NAMA orang atau benda satu persatu. Sangat tidak praktis

Pemahaman ini akan saya jelaskan lagi di pelajaran 5. Selamat merenungkan dan memahami pelajaran ini

Pelajaran5-Subject-pronoun
Dalam suatu percakapan selalu melibatkan beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut adalah :

1. I (saya) Kata ganti orang pertama
2. You (kamu) Kata ganti orang kedua
3. She/He (dia) Kata ganti orang ketiga tunggal
4. We (kami) kata ganti orang pertama tunggal
5.They (mereka) Kata ganti orang ketiga jamak

Jadi kesimpulannya dalam suatu percakapan selalu ada Orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga.
Yang perlu diperhatikan.

Orang pertama : adalah orang yang BERBICARA dalam suatu percakapan.
Orang ke dua : adalah orang yang MENDENGARKAN orang pertama berbicara, orang kedua ini tidak pernah berbicara, ketika YOU (kamu) berbicara dia berubah menjadi I (saya)
Orang ke tiga : adalah orang yang DIBICARAKAN dalam percakapan antara Pihak pertama (I) dan pihak ke dua (You). Orang ketiga ini juga tidak pernah berbicara dalam suatu percakapan.

Nah sekali lagi coba bayangkan ketika tata bahasa tidak pernah menciptakan kata ganti, maka akan terjadi banyak kesulitan dan kekacauan komunikasi.
Contoh :
Ketika anda mau bertanya nama seseorang, maka anda akan bertanya dengan cara begini:"Hai....siapa nama......? (anda bertanya sambil menunjuk muka orang itu, karana tidak ada kata ganti "KAMU")
Ketika anda sedang berbicara dengan seseorang dan ada orang lain yang lewat dan kita tidak tahu namanya maka akan timbul percakapan yang sulit seperti ini : "Hai....(anda menunjuk lawan bicara) ......kenal sama........(anda menunjuk orang yang lewat tersebut, karena tidak ada kata ganti "DIA")
Semoga anda menjadi jelas tentang Kata ganti dan peranannya dalam percakapan sehari-hari.

Latihan : Gunakan pronoun yang sudah anda pelajari dalam percakapan. I, YOU, SHE, HE, THEY,WE.
Saran : Jika anda hanya mempunyai 6 kata ini, tetapi usahakan gunakan dalam percakapan sebisanya.
Selamat merenungkan dan berlatih.

Pelajaran 6-Mulai berbicara dalam Bahasa Inggris
Sebelum kita lanjutkan pelajaran tentang Subyek-predikat-Obyek-keterangan, saya ingin sharing tentang kesulitan banyak orang mulai menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin anda sudah berkomitmen untuk berbahasa Inggris, tetapi ketika anda ingin memulainya, terjadi kebuntuan pikiran...harus ngomong mulai dari mana? Nah untuk memulai berlatih berbicara bahasa Inggris adalah menggunakan semaksimal mungkin kosa kata yang anda miliki dalam percakapan. Jangan takut dikira sombong kalau memang tujuan anda adalah tidak untuk menyombongkan diri.

Nah, ketika mulai berlatih berbicara cobalah berlatih dengan menggunakan pola S-P-O-K ini. Pola pikirnya adalah:
1. Siapa yang berbicara? (gunakan I,You,He,She,They,We,It/name)
2.Melakukan apa?
3.Melakukan terhadap apa?
4.Di mana, kapan,bagaimana?

Aplikasi: Ketika anda sedang membuka pintu anda bisa mengucapkan tindakan anda tersebut dalam bahasa Inggris. Anda ucapkan agak keras > I-OPEN-The DOOR-Everyday

Latihan : Hari ini cobalah mengucapkan beberapa kegiatan anda dalam bahasa Inggris dengan pola di atas. Dan (maaf) apabila anda tidak punya satu kosa katapun dalam Bahasa Inggris dan anda hanya punya Kata Ganti yang saya sebutkan di atas, gunakan kata-kata tersebut sesering dan semaksimal mungkin. Anda bisa berlatih dengan cara seperti ini: I-membuka-pintu-setiap hari, She-membaca-buku, They-bermain-bola dsb

Pelajaran-7-Predikat
Dasar kita adalah pola kalimat S-P-O-K, dalam bab sebelumnya sudah kita pelajari tentang Subyek dan pronoun.
Dan sekarang kita akan mempelajari tentang PREDIKAT

Predikat adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Subyek.

Predikat dalam tata bahasa terdiri dari:
1.KATA KERJA (VERB)
2.KATA KERJA Bantu (auxilliary verb)

Sebelum kita bahas dengan detail tentang KATA KERJA, saya akan menjelaskan kembali tetang KALIMAT.

Pada dasarnya ada 2 jenis kalimat yaitu :
1.Kalimat yang memiliki KATA KERJA (VERB) :KALIMAT VERBAL
2.Kalimat yang tidak memilki KATA KERJA : KALIMAT NON VERBAL

contoh 1 : Saya MENULIS surat > predikatnya adalah KATA KERJA

contoh 2 : Saya adalah seorang dokter > predikatnya adalah BUKAN KATA KERJA

Nah pelajaran tentang KATA KERJA dan KATA KERJA bantu akan berawal dari pemahaman ini.

Latihan : Buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia yang mempunyai kata kerja dan kalimat yang tidak memiliki kata kerja.

Pelajaran-8 KATA KERJA (VERB)
Kata kerja (verb) terdiri dari dua bagian :
1. Kata kerja beraturan (regular verb)
2. Kata kerja tidak beraturan (irregular verb)
Mengenai ini akan kita bahas dalam bab tersendiri.

Kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menyebut suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan oleh I-YOU-WE-HE-SHE-THEY-IT
Contoh:
Write (menulis)
Read (membaca)
Study (belajar)
Type (mengetik)
Anda bisa mulai berlatih menuliskan sebanyak mungkin kata kerja dalam bahasa Indonesia, kemudian mencari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan melihatnya di kamus.

Untuk latihan mengembangkan kosa kata akan dibahas dalam bab-bab berikutnya.

Latihan : Tuliskan kegiatan anda hari ini sejak bangun pagi. Tuliskan setiap kata kerja yang bisa anda identifikasi. Cari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan kamus.

Pelajaran-9 KATA KERJA (Verb)
Latihan menggunakan kata kerja dalam percakapan.

Seperti yang saya katakan di baba sebelumnya bahwa untuk mulai berbicara dalam Bahasa Inggris kita bisa memulai dengan berpikir
1. SIAPA YANG BERBICARA? > gunakan SUBJECT > They-we-I-You-He-She-It/Name
2.Subyek MELAKUKAN APA? > gunakan kata kerja.

Nah sesuai dengan prinsip bahwa bayi juga berbicara sedikit demi sedikit maka anda juga bisa berlatih bahasa Inggris sedikit demi sedikit.

Contoh latihan : Anda bisa mulai mengucapkan kegiatan yang anda lakukan dalam Bahasa Inggris. Misalnya ketika sedang berada di rumah:
* Anda baru bangun tidur anda katakan dengan keras I WAKE UP!
* Kemudian anda duduk dan mengatakan I SIT!
* Anda pergi ke kamar mandi dan membuka pintu kamar mandi dan mengatakan : I OPEN!
* Anda mandi sambil berkata I take a bath!

Lakukan terus latihan ini sepanjang hari, hanya 2 suku kata tapi terus menerus. Gunakan kata ganti secara berurutan sesuai dengan situasi yang anda lihat.Dan jangan lupa untuk terus menambah jumlah kata kerja, dengan bertanya atu dengan kamus.

Selamat berlatih .....sedikit demi sedikit akan menjadi bukit.....

Pelajaran 10 KATA KERJA untuk SHE DAN HE
HE dan SHE/It adalah kata ganti untuk orang/sesuatu ke-3. Khusus untuk kata ganti ini ada perbedaan dalam penggunaan KATA KERJA yang mengikutinya.

Kekhususan ini adalah penambahan akhiran S/ES di belakang kata kerja yang mengikuti kata ganti SHE dan HE

Contoh : I go menjadi SHE goes. We play menjadi He plays

Mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak yang mengatakan bahwa MEMANG BEGITU PERATURANNYA, tetapi sesungguhnya ada alasan yang logis untuk hal ini yang akan saya jelaskan di pelajaran-pelajaran selanjutnya.

Peraturan penambahan S/ES secara sederhana adalah sebagai berikut:
Secara umum caranya adalah dengan penambahan S di belakang huruf
Apabila KATA KERJA diakhiri oleh huruf S,X,Ch,Sh,dan O maka diakhiri dengan ES. Contoh : Pass=Passes, watch=watches, box=boxes, go=goes
Apabila kata kerja diakhiri oleh huruf Y maka KATA KERJA harus ditambahkan i+ES, Contoh Try = tries, Study=studies,Cry=cries, carry=carries
Apabila Y didahului vocal maka kata kerja hanya ditambah S saja. Contoh play=plays, say=says,obey=obeys,pray=prays,lay-lays

Pelajaran 11 Daftar kata kerja tak beraturan (IRREGULAR VERB)



Berikut ini adalah daftar kata kerja tak beraturan yang dimulai oleh huruf B. Mengapa disebut tidak beraturan? Secara singkat jawabannya adalah karena perubahan dari bentuk pertama kedua dan ketiga tidak beraturan. Mengapa kok ada bentuk 1, 2, dan 3? Untuk pertanyaan ini akan kita bahas lebih detail di pelajaran selanjutnya. Saat ini cobalah untuk menghafalkan dan menggunakan daftar kata kerja di bawah ini

be was- were been = Ada
become-became- become = menjadi
begin- began- begun = memulai
bend- bent-bent = mengikat
bite-bit-bitten = menggigit
blow-blew-blown = meniup
break-broke-broken = mematahkan
bring-brought-brought = membawa
broadcast-broadcast-broadcast = menyiarkan
build-built-built = membangun
buy-bought-bought = membeli

untuk ketiga bentuk ini usahakan jangan dibaca satu per satu, anda jangan berpikir begini : bentuk 1 BREAK bentuk 2 BROKE bentuk3 BROKEN artinya mematahkan.
Tetapi lafalkan ketiga bentuk kata kerja tersebut sebagai satu kesatuan :
Baca : breakbrokebroken = mematahkan, bringbroughtbrought = membawa.
Kebiasaan membaca seperti ini sangat membantu ketika anda mempelajari tenses.

Latihan : gabungkan dengan KATA GANTI (pronoun) dan ucapkan sesering mungkin dalam percakapan. Untuk latihan ini gunakan hanya bentuk yang pertama saja:
She buys, they build, I bring dst (perhatikan penambhan S dan ES untuk kata kerja yang mengikuti HE dan SHE


Pelajaran-12 Daftar kata kerja tidak beraturan
Berikut ini daftar kata kerja tidak beraturan (Irregular verb)

Berawalan huruf C
catch caught caught = menangkap
choose chose chosen = memilih
come came come = datang
cost cost cost = harga
cut cut cut = memotong

Berawalan huruf D
dig dug dug = menggali
do did done = mengerjakan
draw drew drawn = menenggelamkan
drink drank drunk = minum
drive drove driven = mengendarai

Berawalan huruf E
eat ate eaten = makan

Berawalan huruf F
fall fell fallen = menjatuhkan
feed fed fed = memberi makan
feel felt felt = merasakan
fight fought fought = berkelahi
find found found = menemukan
fit fit fit = menetapkan
fly flew flown = menerbangkan
forget forgot forgotten = melupakan
forgive forgave forgiven = memaafkan
freeze froze frozen = membekukan

Menguasai kata kerja tidak beraturan merupakan 50% penguasaan bahasa inggris

Pelajaran-13 Daftar kata kerja tidak beraturan
Berawalan huruf G
get got gotten = memperoleh
give gave given = memberikan
go went gone = pergi
grow grew grown = menumbuhkan / tumbuh

Berawalan huruf H
hang hung hung = menggantung
have had had = mempunyai
hear heard heard = mendengarkan
hide hid hidden = menyembunyikan
hit hit hit = memukul
hold held held = memegang
hurt hurt hurt = melukai

Berawalan huruf K
keep kept kept = memelihara
know knew known = mengetahui

Berawalan huruf L
lay laid laid = berbaring
lead led led = memimpin
leave left left = meninggalkan
lend lent lent = meminjam
let let let = membiarkan
lie lay lain = membohongi
light lit (lighted) lit (lighted) = menerangi
lose lost lost = kehilangan

Berawalan huruf M
make made made = membuat
mean meant meant = bermaksud
meet met met = bertemu

Berawalan huruf P
pay paid paid = membayar
put put put = meletakkan

Berawalan huruf Q
quit quit quit = keluar

Berawalan huruf R
read read read = membaca
ride rode ridden = mengendarai
ring rang rung = membunyikan
rise rose risen = menerbitkan
run ran run = berlari

Pelajaran-14 Daftar kata kerja tidak beraturan
Berawalan huruf S
say said said = mengatakan
see saw seen = melihat
sell sold sold = menjual
send sent sent = mengirimkan
set set set = menyiapkan / mengatur
shake shook shaken = menggoncangkan / mengocok
shoot shot shot = menembak
shut shut shut = menutup
sing sang sung = menyanyi
sit sat sat = duduk
sleep slept slept = tidur
slide slid slid = meluncur
speak spoke spoken = berbicara
spend spent spent = menggunakan
spread spread spread = memisahkan
stand stood stood = berdiri
steal stole stolen = mencuri
stick stuck stuck = melekatkan
strike struck struck = menyerang
swear swore sworn = bersumpah
sweep swept swept = menyapu
swim swam swum = berenang

Berawalan huruf T
take took taken = mengambil
teach taught taught = mengajar
throw threw thrown = melemparkan

Berawalan huruf U
understand understood understood = mengerti
upset upset upset = sedih

Berawalan huruf W
wake woke waked = membangunkan
wear wore worn = memakai
win won won = memenangkan
withdraw withdrew withdrawn = menarik
write wrote written = menulis

Pelajaran 15 Daftar kata kerja tidak beraturan
Daftar kata kerja yang tercantum dalam pelajaran sebelumnya adalah kata kerja yang sering dugunakan dalam percakapan sehari-hari, berikut ini jumlah seluruh daftar kata kerja berdasarkan huruf awalnya.

Huruf A = 3 kata
Huruf B = 39 kata
Huruf C = 12 kata
Huruf D = 9 kata
Huruf E = 1 kata
Huruf F = 20 kata
Huruf G = 9 kata
Huruf H = 10 kata
Huruf I = 1 kata
Huruf K = 4 kata
Huruf L = 12 kata
Huruf M = 13 kata
Huruf O = 31 kata
Huruf P = 4 kata
Huruf Q = 1 kata
Huruf R = 18 kata
Huruf S = 62 kata
Huruf T = 9 kata
Huruf U = 10 kata
Huruf W = 16 kata

Mengetahui jumlah kata dalam tiap huruf awal memudahkan kita untuk menghafalkan, misalnya Untuk Huruf E hanya ada 1 kata kerja tidak beraturan yaitu Eat, ate ,eaten

Pelajaran16 - OBYEK
Pada bab awal kita sudah mengetahui tentang struktur kalimat yaitu S-P-O-K.
Sampai hari ini jika anda terapkan pelajaran yang sudah diberikan, anda sudah memiliki kemampuan untuk berkata-kata dalam bahasa Inggris dengan hanya 2 suku kata yaitu dengan menggunakan Subyek (They-We-I-You-He-She-It) dan Kata kerja (verb)
contoh : I write, She talks, They work, We buy, He goes dsb. Gunakan 2 suku kata ini sebanyak mungkin.

Nah sejenak akan kita tinggalkan pendalaman tentang kata kerja, sekarang kita akan beralih ke pelajaran tentang OBYEK.
Obyek (object) pada dasarnya adalah KATA BENDA, yang terdiri dari Orang (person) dan Benda (thing).
Contoh dalam kalimat : I read a Book, She plays piano, We buy fruit.

Untuk mengembangkan perbendaharaan kata ( vocabulary) dalam kata benda (Noun) ini bisa dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Ambil satu kata misal BUAH, cari padanan kata BUAH dalam kamus, maka akan kita temukan kata dalam Bahasa Inggris yaitu FRUIT
Sekarang letakkan kata FRUIT di tengah dan buatlah lingkaran mengelilingi kata ini.
Carilah 4 kata yang berhubungan dengan kata Fruit.
Lakukan latihan sederhana ini untuk tiap kata benda. Lebih baik sebelum tidur, karena otak sedang dalam kondisi santai dan lebih mudah menyerap. Meskipun mengantuk lakukan latihan ini. Tidak hafal saat itu juga? Tidak apa-apa, karena otak sudah menyimpannya secara otomatis, dan suatu saat siap anda akses.

Tentang over learning
Sebelum kita melanjutkan pelajaran tentang NOUN (kata benda), saya ingin sharingkan tentang satu istilah yaitu OVER LEARNING.

Over learning bisa dijelaskan sebagai berikut, kita semua tentunya sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti naik sepeda, berenang, membaca, menulis. Untuk bisa melakukan hal-hal tersebut tentunya semuanya dimulai dengan kegiatan BELAJAR. Pernahkah anda renungkan tentang kemampuan yang anda miliki itu? Misalnya anda belajar naik sepeda umur 5 tahun, dan ketika berumur 8 tahun bisa dibilang anda sudah ahli naik sepeda. Kemudian pada umur 8 tahun anda berhenti naik sepeda dan tidak pernah naik sepeda lagi hingga berumur 11 tahun. Apa yang terjadi....? anda tetap bisa naik sepeda...! Demikian juga dengan membaca dan menulis. Pertama kali belajar membaca anda tentunya terpatah-patah unutk mengeja setiap huruf dan suku kata. Tetapi sekarang, membaca bisa anda lakukan secara otomatis, bahkan tanpa berpikir tentang huruf, dan sekalipun anda berhenti membaca selama 1 tahun, anda tidak perlu mengulang kembali dasar-dasar membaca.

Keadaan seperti ini disebut dengan keadaan over learning, anda sudah melampaui kurva belajar, sehingga apa yang anda pelajari sudah seperti bagian dari diri anda sendiri. Keadaan ini bisa dicapai karena adanya repetisi (pengulangan) hingga ribuan kali, sehingga seseorang melampaui kurva belajarnya. Dasar dari mempelajari sesuatu adalah pengulangan/repetisi!

Demikian juga dengan belajar bahasa Inggris, jika anda memaksakan diri untuk menggunakan setiap kata yang anda miliki dengan pengulangan yang tak terhingga (digunakan dalam pembicaraan) maka suatu saat Bahasa ini juga akan manjadi bagian dari diri anda. Anda bisa berbicara tanpa harus berpikir lagi. Jadi jangan khawatir jika anda masih terpatah-patah dalam berbicara, bayi juga begitu, lakukan terus latihan pribadi dan kelompok, dan capailah kondisi OVER LEARNING. Selamat belajar!!


Pelajaran 17- OBYEK
Latihan mengembangkan Vocabulary

Contoh : Buah = Fruit
Kata yang berhubungan :
Mangga = mango
Nanas = pineapple
Jeruk = orange
Nangka = jackfruit
Sayur = vegetable
Kata yang berhubungan :
Wortel = carrot
Bayam = spinach
Kubis = cabbage
Mentimun = cucumber
Orang = person
Orang laki-laki = man
Orang perempuan = woman
Anak-anak = child
Anak laki-laki = boy
Anda bisa memulai latihan ini dengan melihat ruangan sekitar anda berada misal di kantor,sekolah,kampus, ruang tidur, kamar mandi dsb. Coba catat dan cari padanannya dalam Bahasa Inggris.
Hal yang penting adalah jangan berpikir dengan pola pikir menterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, tetapi anggaplah bahwa anda sedang menemukan suatu ISTILAH LAIN untuk sebuah benda.
Misal anda melihat sebuah MEJA, anda sebut itu sebuah meja....cobalah untuk berpikir seperti ini, Jika Pangeran Charles melihat benda ini dia menyebutnya dengan istilah apa? TABLE! nah sekarang anda punya istilah lain untuk meja, meja bisa juga disebut dengan TABLE. Jadi pola pikir anda bukan lagi menterjemahkan Meja = table , tetapi benda berkaki empat dengan ada papan di atasnya namanya adalah TABLE.
Ingat-ingat....BAHASA HANYALAH SEBUAH BUNYI YANG DIBERI ARTI

Pelajaran 18 Develop Vocabulary
Vocabulary/perbendaharaan kata bisa dikembangkan dengan cara sbb:
Mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkannya dalam Istilah Bahasa Inggris.
Menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris dan berusaha mengartikannya.
Latihan seperti di latihan 17.
Pengembangan latihan 17
Ambil 1 kata misal Type (mengetik) , 4 kata yang berhubungan adalah Typewriter (mesin ketik), Typist (juru ketik) , write (menulis) , Ink ( tinta)
Dari 4 kata di atas ambil 1 kata lagi misal Typist (juru ketik) , 4 kata yang berhubungan adalah Office (kantor), work (bekerja), Secretary (sekretaris) , Letter (surat)
Berusahalah untuk mencari istilah Bahasa Inggris di setiap waktu, tidak usah menargetkan berpa kata per hari, yang penting setiap kata yang anda dapatkan usahakan digunakan sesering mungkin.

Pelajaran-19 Auxiliary verb- To be
Sampai hari ini kita sudah belajar tentang unsur S-P-O-K, terdiri dari pronoun,verb, noun, sebelum kita lanjutkan pada adverb (kata keterangan) yang merupakan unsur dari K, kita akan mengulas tentang KATA KERJA BANTU (auxiliary verb). Untuk kali ini adalah tentang TO BE (am,is,are)

Apakah sebenarnya kata kerja bantu itu?
sudah dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalimat yaitu KALIMAT YANG PREDIKATNYA KATA KERJA (verbal) dan KALIMAT YANG PREDIKATNYA BUKAN KATA KERJA (nominal).
contoh : I do my homework (kalimat verbal)

Nah sekarang bagaimana dengan kalimat ini , Saya adalah seorang guru.
Kalimat di atas tidak mengandung kata kerja.
Secara mudah kita bisa terjemahkan sebagai I a teacher.
Kalimat di atas bisa dimengerti oleh siapapun tapi secara susunan tidak sempurna karena tidak ada predikat pada kalimat tersebut

Untuk membuat kalimat tersebut sempurna harus dibantu oleh sebuah kata kerja, yang disebut dengan KATA KERJA BANTU yang tugasnya adalah melengkapi kalimat yang tidak mempunyai kata kerja (predikat).

KATA KERJA BANTU yang dimaksud adalah TO BE yang terdiri dari 3 yaitu
AM
IS
ARE
Jadi dalam kalimat I-( )- a teacher , kita sisipkan salah satu unsur TO BE yaitu AM
menjadi I-AM-a TEACHER.

AM_IS_ARE tidak dipergunakan di kalimat yang ada kata kerjanya kecuali di PRESENT CONTINUOUS TENSE, past participle, passive voice(akan dipelajari lebih lanjut)

Jadi jangan sampai ada kalimat seperti I am go to the market, You are write a letter.

Penggunaan AM-IS -ARE selalu dikaitkan dengan SUBYEKnya

I----------> AM
You-------> ARE
They------>ARE
WE-------->ARE
SHE------->IS
HE--------> IS
IT--------->IS

Kata kerja bantuyang lain adalah TO DO dan TO HAVE

Kita akan lanjutkan pembahasan di bab berikutnya. Selamat merenungkan.


SEKIAN lanjutan nya Kapan2 yaa

1 komentar:

JOCKY mengatakan...

Banyak ilmu yg sy dapat dr master.. Thanks.